Dunia Satwa    
  Burung Gagak yang Lincah dan Cerdas  
Diambil dari Supreme Master Television Episode 338

Burung Gagak Kaledonia Baru sangat terkenal karena kemampuannya yang mengagumkan saat menggunakan alat bantu. Di dalam hutan, mereka bisa menggunakan paruhnya untuk meraut ranting-ranting menjadi beberapa pengait dan membentuk dedaunan untuk keperluan makan. Beberapa tahun lalu, seekor Gagak Kaledonia Baru sangat mengejutkan para ilmuwan karena kemampuannya dalam membuat pengait dari sebuah kawat lurus dan menggunakannya untuk mengangkat tempat makanan kecil yang berada di bagian bawah  pipa plastik.

Baru-baru ini, para ilmuwan dikejutkan lagi oleh Gagak-gagak Kaledonia Baru yang memiliki kemampuan berpikir yang cukup tinggi. Beberapa gagak diuji untuk mengetahui apakah sebelum menyentuh makanan mereka bisa menggunakan alat bantu untuk mendapatkan alat bantu lainnya. Ternyata dalam percobaan pertama ini, mereka berhasil mengerjakannya dengan baik. Hasil ini memberikan petunjuk kepada para ilmuwan bahwa burung-burung juga mempunyai kemampuan berpikir pada level tertentu, sesuatu  yang biasanya hanya dijumpai pada manusia atau mungkin juga pada beruk.

Teman satwa kita yang kecil dan cerdas lagi-lagi mengesankan kita! Kita bersyukur kepada Tuhan karena telah menciptakan berbagai keanekaragaman serta hal yang menakjubkan di dunia ini.

Referensi:
http://www.msnbc.msn.com/id/20298869/
http://news.bbc.co.uk/2/hi/science/nature/6948446.stm h