Teknologi Zaman Keemasan

Membersihkan Pencemaran Minyak

Oleh Grup Berita AS (Asal dalam bahasa Inggris)

Pencemaran minyak terus menjadi masalah di daratan, tetapi masalah ini menjadi jauh lebih buruk bila terjadi di laut. Sebenarnya pencemaran ini telah menjadi masalah yang paling parah di dunia, karena dapat mengakibatkan kematian dan masalah reproduksi dalam jangka panjang bagi banyak biota di laut. Pencemaran itu tidak semata-mata disebabkan oleh tumpahan minyak yang terjadi sekali-sekali, tetapi juga dari ratusan juta galon minyak yang bermuara di laut secara diam-diam yang terjadi sepanjang tahun, kebanyakan dari sumber yang bukan disebabkan oleh kecelakaan, tetapi dari ceceran minyak di daratan dan limbah dari pemukiman maupun industri.

Pembersihan atas pencemaran itu telah menimbulkan masalah yang luas dan mahal bagi lingkungan. Namun, Profesor Eugene Rosenberg dari Universitas Tel Aviv di Israel telah menemukan suatu larutan organik yang efektif. Di dalam risetnya beliau menemukan suatu jasad renik bersel tunggal dalam jumlah besar yang dinamakan bakteri arthobactor yang dapat menguraikan dan membersihkan minyak, dan hanya menyisakan air yang jernih sebagai hasil akhirnya. Larutan pembersih minyak yang diproduksi oleh perusahaannya, BioPetroClean, dapat menangani air dan tanah yang tercemar, tempat penimbunan minyak, serta kapal tangki pembawa minyak. Larutan itu dirancang untuk dapat memenuhi standar lingkungan saat ini maupun yang akan datang dengan biaya rendah, delapan kali lebih murah daripada pembersihan dengan perangkat mekanis.

Sebagai pelopor dalam penggunaan bakteri untuk tujuan pembersihan pencemaran minyak pada kapal tangki minyak, pipa saluran, serta di pantai-pantai, Profesor Rosenberg mendapatkan Penghargaan Proctor and Gamble bidang Mikorbiologi Terapan dan Lingkungan dari American Society of Microbiology pada tahun 2003. Pengabdiannya terhadap pekerjaannya telah membantu mengatasi sebuah persoalan lingkungan yang serius serta memberi sumbangan yang sangat berharga bagi pemulihan planet kita yang cantik.

Keterangan gambar:
1. Membersihkan tumpahan minyak adalah proses yang sulit dan mahal
2. Hewan malang yang tercelup minyak
3. Di dalam sebuah kapal tangki, alat penyiram menyemprotkan bakteri ke dinding bagian dalam untuk mengurai minyak.

Referensi: http://www.biopetroclean.com