Guru Berkata

Berbagi Bahasa Universal Membantu Menambah Pengertian dan Perdamaian di Bumi

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai, 30 September 2006,Retret Empat Hari,
Malaga, Spanyol (Asal dalam bahasa Inggris)

Saya mengharapkan bahwa seluruh dunia dapat berbicara hanya dalam satu bahasa. Akan lebih mudah jika kita memiliki satu bahasa, di samping bahasa ibu. Saya telah menulis surat kepada Pimpinan Parlemen Eropa. Saya memuji Uni Eropa atas semua pencapaiannya, semua kedermawanannya, dan semua peraturannya yang indah, yang telah membantu menjadikan Eropa sebagai tempat yang lebih baik, dengan kesejahteraan yang lebih baik bagi sebagian besar penduduknya. Uni Eropa baik. Para anggotanya melakukan yang terbaik bagi kemanusiaan, dan mereka sungguh-sungguh mengurus apa pun semampu mereka. Maka dari itu saya memujinya, karena mereka membantu banyak negara yang belum berkembang.

Saya sampaikan bahwa dalam pandangan saya, akan jauh lebih baik bila seluruh bangsa anggota Uni Eropa mempelajari satu bahasa, selain dari bahasa ibu mereka. Saya tidak menyuruh mereka menyisihkan bahasa ibu mereka, karena negara Uni Eropa memiliki banyak bahasa dan mereka sudah dapat mencapai banyak hal. Tetapi, dapatkah Anda bayangkan bila semua bangsa anggotanya hanya berbicara dalam satu bahasa? Akan mudah saling memahami, sehingga akan semakin cepat mengambil keputusan. Pandangan Uni Eropa, bahwa mereka menginginkan kesatuan dalam perbedaan, dan mereka menghormati semua kebudayaan serta semua bahasa, itu sangatlah indah. Saya tidak pernah mendengar apa pun yang lebih indah daripada itu! Tetapi, kita dapat menjaga kebudayaan kita, dan belajar satu bahasa lagi. Bagaimanapun, kita membutuhkannya.

Mereka telah berbicara dalam bahasa Inggris dalam banyak rapat Parlemen dan di tempat lain. Jadi, mengapa tidak memilih satu bahasa saja? Mereka dapat memilihnya dengan pemungutan suara. Saya menuliskan dalam surat saya: “Kita dapat memberikan suara secara terbuka untuk memilih satu bahasa.” Semua orang dapat memberikan suaranya, sehingga Uni Eropa akan tampak tidak membeda-bedakan, sebagai contoh, lebih menyukai bahasa Inggris, dan merendahkan bahasa Polandia atau Prancis. Kita dapat membuat daftar semua bahasa, dan melihat bahasa mana yang dipilih orang banyak, kemudian menentukan bahasa tersebut sebagai bahasa resmi Uni Eropa. Dan yang lainnya sama. Dengan demikian, kita dapat saling berkomunikasi dengan lebih mudah. Saat Anda belajar bahasa Inggris ketika anak-anak, maka Anda akan berbicara seperti orang Inggris. Lebih mudah. Anda dapat berkomunikasi dengan bangsa lain mana pun, dan dapat mempelajari keindahan bangsa tersebut karena telah saling memahami.

Akan lebih mudah seperti itu, dalam pandangan saya. Karena, marilah kita lihat, orang yang paling cerdas pun tidak dapat belajar seluruh bahasa dalam masa kehidupannya. Tidak masalah betapa besar seseorang menghormati semua kebudayaan dan bahasa, atau akan senang untuk dapat berbicara segala bahasa, itu tidak mungkin. Pertama-tama, Anda sibuk dengan banyak hal lain. Kedua, otak Anda memiliki batas kemampuan. Dan di atas segalanya, waktu Anda: Kehidupan itu pendek. Itulah mengapa saya mendorong Anda semua belajar bahasa Inggris. Walaupun tidak dipilih sebagai bahasa resmi Uni Eropa atau uni yang lain, bahasa Inggris lebih mudah, dan kurang lebih bersifat universal. Maka, kita tidak memungut suara, kita hanya mempelajari bahasa Inggris. Bagaimana? (Hadirin tepuk tangan) Saya yang memberikan suara; satu suara saja. (Guru tertawa)

 

Pengertian Membantu Memperkuat Hubungan dan Persahabatan

 

 

Sebagai contoh, akan lebih mudah bila saya dapat berbicara bahasa Inggris dengan seorang Peru. Maka, sekalipun saya tidak memahami bahasa Peru, dia dapat menceritakan tentang semua keindahan negaranya dalam bahasa Inggris kepada saya, dan saya dapat menceritakan semua keindahan negara saya dalam bahasa Inggris, sehingga kita mengawalinya dari sana. Bila kita mengawali persahabatan dengan bahasa yang sama, maka saya dapat belajar lebih banyak tentang bangsa Peru, atau dia dapat lebih banyak belajar tentang bangsa Au Lac, bila dia mau dan memiliki waktu. Dia mungkin memilih untuk mempelajari bahasa Polandia sebagai gantinya; saya tidak akan tersinggung. Atau dia mungkin memilih belajar bahasa Prancis untuk mengenal kebudayaan Prancis; dan saya tidak akan merasa dicemoohkan, karena saya juga memahaminya dalam bahasa Inggris.

Saya tidak melihat adanya masalah dalam berbicara dengan satu bahasa universal, dan mempelajari bahasa ibu yang lain sebagai pilihan. Pelajarilah sejak anak-anak di sekolah, dan kuasailah dua bahasa dalam setiap negara: bahasa resmi, dan bahasa ibu. Selanjutnya, bila Anda memahami bahasa universal ini, Anda dapat menerjemahkan semua harta karun yang indah: kepustakaan yang indah, segala hal yang ingin Anda sampaikan tentang negara Anda, Anda dapat tuliskan dalam bahasa Inggris, dan seluruh dunia akan mengetahuinya. Sebagai contoh, semua orang yang ingin tahu tentang Peru akan membaca dan berkomentar, “Wah! Peru luar biasa! Peru sungguh-sungguh kuno dan berbudaya; rakyatnya sungguh-sungguh baik dan spiritual. Saya suka rakyat Peru. Saya pergi ke Peru dan belajar lebih banyak tentang bangsa Peru. Saya menikah dengan seorang Peru, dan sekarang saya tinggal di sana!” (Gelak tertawa dan tepuk tangan)

Jadi, setiap orang memiliki pilihan. Bila dia merasa kebudayaan Peru tidak menarik baginya, dia dapat beralih ke bahasa Prancis, dan membaca segala sesuatu tentang negara Prancis dalam bahasa Inggris. Dan dia mungkin berpikir, “Oh, ini kedengarannya lebih baik.” Bila dia menyukainya, dia dapat pergi ke Prancis, menikah dan memiliki anak-anak warga negara Prancis. (Gelak tertawa) Tetapi, bila dia masih tidak menyukainya, dia dapat beralih ke bahasa Spanyol dan membaca segala kepustakaan, kebudayaan, dan sejarah Spanyol. Bergantung apakah dia menyukainya atau tidak, dia dapat pergi ke Malaga, tinggal di Center, dan menjadi seorang biarawan atau apa pun. (Gelak tertawa)

Menyenangkan untuk memahami semua orang. Maka saya melihat, lebih menguntungkan bila kita memiliki satu bahasa resmi. Dan saya jelaskan dalam suratnya, bahwa bahasa Esperanto merupakan gagasan yang sangat bagus, walaupun tidak semua orang menyetujuinya. Jadi, kita tidak perlu mempelajari lebih banyak bahasa; kita telah memiliki terlalu banyak bahasa. Maka kita hanya memberikan suara terbuka, dan semua anggota Uni Eropa memberikan suara bagi bahasa yang paling mudah atau paling enak bagi mereka. Mengapa membeda-bedakan? Tidak masalah apakah bahasa Inggris menjadi bahasa resmi atau tidak. Anda semua adalah Uni Eropa; bukankah kita ada demi kesatuan? Maka, tidaklah masalah bahasa apa yang dipilih. Kita bukanlah orang Inggris atau Polandia; kita bukan apa-apa lagi. Kita harus mengatakan bahwa kita Uni Eropa. Selanjutnya, tidaklah masalah bahasa mana yang dipilih; di antara kita, bukan? Kita hanya memilih satu dengan suara terbanyak, dan mengumumkannya kepada semua orang. Kemudian kita mempelajari bahasa tersebut. Itulah pendapat rendah hati saya. (Tepuk tangan)

 

Mendorong Persatuan dan Menjaga Perbedaan

 

Konsep Uni Eropa hampir seperti kita; kita juga menghormati kebudayaan yang berbeda-beda. Kita memiliki orang Peru di sini untuk membuktikannya, dan kita memiliki orang Meksiko, orang Jerman, orang Inggris, orang Polandia, (Hadirin: Kolombia!), dan Kolombia juga, dari tempat yang demikian jauh. Kita memiliki orang Puerto Riko, orang Portugis; kita memiliki segala bangsa di sini, ya. Tetapi, akan menyenangkan bila kita saling memahami seketika itu juga. Kita dapat saling berbagi apa pun yang kita inginkan, tanpa harus menunggu satu tahun lagi sebelum saya dapat berbicara dengan Anda: (Guru bergurau) “Tunggu di sana.” “Saya akan mempelajari bahasa Portugis dalam satu tahun, dan saya akan kembali.” “Anda tunggu saya, ya?” “Saya akan menikahi Anda, tetapi tunggu satu tahun!”

Sebenarnya, bahasa bukanlah yang paling penting; kasihlah yang paling penting. Tetapi masalahnya, bila kita dapat mengungkapkan kasih, pandangan, dan keindahan kita melalui bahasa universal, maka akan mengurangi perang, menambah perdamaian, keselarasan, dan kasih di antara umat manusia. Maka, saya menganjurkan kepada Anda, sekalipun Anda berbahasa Prancis, Jerman, atau Spanyol, ajaklah anak Anda mempelajari bahasa Inggris secara privat, bila mereka tidak mempelajari bahasa Inggris di sekolah.

Kebanyakan orang yang belajar di sekolah mengenal sedikit bahasa Inggris. Sekalipun hanya percakapan sederhana, orang merasa mereka terhubungkan. Hubungan batin memerlukan waktu yang lebih lama! Lihatlah berapa lama diperlukan antara saya dan Anda? Maka demi Petrus, buatlah hubungan komunikasi lahiriah terlebih dahulu! Karena, sekalipun kita berbicara bahasa Inggris bersama-sama sebagai orang Inggris, kita kadang kala masih salah paham; bayangkan, betapa kita saling salah paham dalam pembicaraan demikian banyak bahasa. Dan setiap bahasa diungkapkan dengan berbeda!

Jadi, berapa lama Anda perlukan untuk mempelajari bahasa Inggris, bila Anda tidak mempelajarinya dari masa anak-anak? Atau bahasa apa pun; bahasa Inggris hanyalah contohnya. Walaupun bahasa Inggris paling sederhana, kita tetap memerlukan waktu bertahun-tahun untuk memahami semua nuansa yang tersembunyi. Maka, bagaimana kita dapat saling memahami bila kita menunggu sampai dewasa dan mulai mempelajari bahasa yang lain? Memungkinkan, tetapi Anda tidak dapat mempelajari semuanya! Maka, akan lebih baik bila semua negara bersama-sama memberikan suara memilih satu bahasa. Tidak hanya Uni Eropa, tetapi Uni Eropa akan mengawalinya dari sini, dan kemudian setiap negara akan bergabung mempelajari satu bahasa. Sehingga terpisah dari bahasa ibu. Kita juga mempertahankan semua kebudayaan. Kita tidak mengurangi apa pun; kita hanya semakin saling memahami. Kita semakin saling menghargai bila kita mengenal semua seluk-beluknya. Bila kita tidak tahu, bagaimana kita dapat menghormati? Bagaimana kita dapat mengasihi, bagaimana kita dapat berhubungan dengan bangsa asli bila kita tidak memahami apa pun tentang mereka? Ada banyak pembicaraan tentang muslim Arab atau nuklir Iran, tetapi tidaklah semua rakyat Iran itu jahat, atau bahwa mereka sama sekali jahat. Hanyalah membutuhkan waktu yang lama untuk saling memahami. Maka, bila kita memiliki satu bahasa saja, maka kita dapat menerjemahkan semua hal yang baik dari bahasa apa pun ke dalam bahasa Inggris, dan dapat mempelajari kepustakaan umum apa pun, sehingga kita memiliki semua informasi yang tersedia tentang semua negara yang ada, dan kita akan lebih saling memahami. Demikian mudah!

Setiap bahasa memiliki keindahannya yang tersembunyi. Maka kita menjaga semua bahasa di dunia, itu pasti. Tetapi, saya tetap memikirkan bahwa kita memerlukan satu bahasa universal sehingga semua orang dapat bersatu dan lebih harmonis, dan dunia akan lebih cepat memiliki perdamaian. saya mengusulkan bahasa Inggris, tetapi bila Anda tidak menyukainya, Anda dapat mempelajari bahasa Prancis, Spanyol, atau China. Tentunya, lebih banyak lebih baik bila Anda memiliki waktu. Tetapi, bahasa Inggris yang utama, karena lebih sederhana, dan lebih banyak orang yang menguasainya. Benar bukan? (Hadirin: Ya) Baik, maka kita akan melaksanakannya. (Tepuk tangan)

Keajaiban juga terjadi, tetapi di samping keajaiban, di mana pun di dunia, Anda dapat menemukan sebagian orang yang mengenal bahasa Inggris, dan yang dapat membantu Anda seketika. Bahasa sangatlah penting. Betapa sering Anda pergi ke tempat asing, dan walaupun Anda hanya berbicara beberapa patah kata dalam bahasa mereka, mereka demikian bahagia? Sayangnya, kita tidak memiliki waktu yang cukup dalam kehidupan kita untuk mempelajari semua bahasa, yang semuanya sangat indah, dan sangat, sangat menakjubkan! Maka setidak-tidaknya, bila kita mempelajari bahasa Inggris, kita selalu dapat menemukan seseorang bila kita mendapat masalah. Supir taksi pun berbicara bahasa Inggris. Pemilik kedai kopi berbicara bahasa Inggris. Pramusaji berbicara bahasa Inggris. Dari mereka, Anda dapat memperoleh bantuan; Anda dapat saling memahami. Pertama-tama, Anda dapat menemukan seseorang yang dapat berbicara bahasa Inggris di mana pun. Maka, sedikitnya Anda dapat membantu diri sendiri.

Itulah saran saya yang sederhana. Bila Anda terdampar di suatu negara, dan Anda tidak tahu di mana Anda atau ke mana Anda pergi, dan Anda lapar, serta memerlukan sedikit makanan dan lain-lain, tetapi bila Anda tidak berbicara dalam bahasa tersebut, maka apa yang harus Anda lakukan? Selalu ada seseorang, di suatu tempat yang berbicara bahasa Inggris. Itulah pengalaman saya.

 

Mulailah Mempelajarinya Sekarang

 

Baiklah, maka saya kira kita dapat mulai menyuruh anak-anak kita untuk mempelajari bahasa Inggris. Mungkin secara pribadi lebih baik daripada tidak sama sekali. Anda dapat mencari guru privat atau inisiat yang ingin memperoleh uang tambahan yang dapat mengajar mereka bahasa Inggris dasar bila sekolah tidak mengajarkan bahasa Inggris, atau bila mereka terlalu muda untuk diajarkan bahasa Inggris di sekolah. Karena kadang kala mereka tidak mulai mengajarkan bahasa asing sampai berada di Sekolah Menengah Umum, sehingga terlalu terlambat. Bukan karena saya warga negara Inggris sehingga saya menyarankan demikian. Hanya saja dalam pengalaman perjalanan saya, bahasa Inggris membantu saya dalam banyak hal seperti: menjernihkan kesalah-pahaman untuk menemukan suatu tujuan atau untuk menemukan suatu kebutuhan. Mungkin Anda dapat mengatur sesuatu seperti seorang guru bahasa Inggris untuk seluruh Center Malaga atau Madrid, bagi anak-anak Anda atau diri sendiri. Pelajari sebanyak yang Anda bisa bersama guru; kemudian Anda dapat membeli CD atau kasetnya. Anda dapat mendengarkannya saat Anda tidur. Anda dapat mendengarkannya sepanjang hari, seperti yang Anda lakukan dengan musik, atau hanya sebentar sehingga Anda akan memahaminya.

Saat ini, ada berbagai cara untuk mempelajari bahasa dengan sangat cepat. Bukan hanya bahasa Inggris – bahasa apa pun kecuali mungkin dari suatu suku di Afrika, atau bahasa daerah yang terpencil seperti bahasa Au Lac dari pegunungan. Saya tidak tahu apakah mereka memilikinya. Tetapi, untuk menemukan bahasa yang populer seperti bahasa Inggris, Prancis, Jerman, Italia, Spanyol, atau Portugis, saya kira tidaklah sulit. Bila mungkin, tuntutlah metode belajar yang cepat. (Guru bergurau) Kita orang pencerahan seketika; kita menginginkan segalanya cepat!

Setelah Anda mempelajari dasar-dasarnya, Anda dapat berusaha membaca koran, atau ceramah saya bila Anda tidak menyukai koran. Majalah kita juga ada dalam bahasa Inggris, dan kita juga memiliki berita seluruh dunia atau Anda dapat mendengarkan acara kita dalam bahasa Inggris. Semakin banyak Anda mendengarkan, maka Anda akan semakin memahami. Semakin banyak Anda membaca, semakin banyak Anda memahami. Anda beruntung, karena saya juga berbicara dalam bahasa Inggris, dan bahasa Inggris saya sangatlah sederhana. Bahkan sebagai seorang asing, Anda dapat memahaminya, bila Anda tahu bahasa Inggris dasar. Maka, kata-kata apa pun yang tidak Anda pahami dalam tulisan apa pun, tandailah, pulang, dan lihatlah di kamus, atau lihatlah di komputer. Itulah cara Anda belajar.

Dan sekarang, karena kita terus berinteraksi, dan selalu ada orang Inggris, maka Anda sebaiknya berusaha berbicara dengannya. Mungkin pertamanya dalam bahasa Inggris yang terpatah-patah, tetapi itulah cara Anda mengoreksi diri sendiri. Saya menyebutkan bahasa Inggris, karena dalam banyak negara, mereka memang mempelajari bahasa Inggris, serta lebih mudah untuk menemukan seorang penerjemah bahasa Inggris, atau seseorang yang berbicara bahasa Inggris daripada untuk menemukan orang yang berbicara bahasa Jerman atau Prancis atau Portugis dalam pengalaman perjalanan saya. Karena kadang kala bila saya tersesat, saya memandang orangnya dan bertanya, “Apakah Anda berbicara bahasa Jerman?” (dalam bahasa Jerman) “Tidak”; sama halnya dengan bahasa Prancis, China, dan Au Lac. Tetapi bila saya bertanya, “Apakah Anda berbicara bahasa Inggris?” “ Ya!” Maka, karena kita telah memiliki bahasa yang sangat sederhana, mudah dipelajari, dan populer, mengapa kita tidak mempelajarinya? Bukan karena kita lebih menyukai orang Inggris; hanya saja bahasanya oke, dan kita menggunakannya sesuai kebutuhan.