LAPORAN
UTAMA
Perdamaian antara Israel dan Palestina

Perdamaian, Perayaan Paling Bermakna
(Asal dalam bahasa Inggris)

Apakah yang dapat membawa kebahagiaan? Tentu saja, berita mengenai perdamaian! Terlebih lagi untuk Maha Guru Ching Hai, lambang pencinta perdamaian yang berusaha tanpa henti bagi perdamaian batin dan fisik, yang telah membawa harapan ke seluruh pelosok dunia. Maka, Beliau amat gembira dan bahagia saat menerima berita mengenai persetujuan pendahuluan atas perdamaian antara Israel dan Palestina, di mana Perdana Menteri Israel, Ehud Olmert menjanjikan untuk mengubah kebijakan bagi perdamaian yang sesungguhnya. Fenomena yang telah lama dinanti-nantikan ini merupakan suatu pertanda yang lain bahwa dunia kita telah berkembang dengan pesat dan bahwa perdamaian sedang berlangsung.

Berita penuh kehangatan mengenai perdamaian antara Israel dan Palestina ini membawa air mata kebahagiaan bagi Guru sehingga Beliau dengan cepat mengirimkan pesan ke seluruh Center di seluruh dunia untuk merayakan saat yang mengagumkan ini dengan nyanyian, tarian, dan kue-kue. Di rumah Beliau sendiri, Guru juga merayakannya dengan makanan dan kue yang disediakan secara kilat. Seluruh isi rumah dengan bersuka ria hanyut dalam perayaan penuh makna ini, menjadi riang dan juga lega mendengarkan terjadinya perdamaian di Timur Tengah. Dan tentu saja, perayaan itu tidaklah lengkap tanpa melibatkan hewan peliharaan Beliau yang juga berbagi kegembiraan sambil mengunyah kue-kue pada pesta tersebut. Guru mengingatkan setiap orang untuk mengucapkan doa mereka dan berterima kasih pada Surga atas limpahan perdamaian di atas Bumi dan perdamaian bagi Israel dan Palestina.

Pembicaraan awal perdamaian antara Israel dan Palestina berlangsung pada tanggal 27 November 2006, bertepatan dengan Retret Asosiasi Internasional kita di Thailand. Sungguh menarik untuk diperhatikan bahwa dua persetujuan perdamaian utama sejauh ini terjadi pada saat yang sama dengan jadwal Guru untuk tampil di depan umum. Pada tahun 1999, sebagai tanggapan terhadap surat permohonan dari para inisiat di Eropa selama krisis Kosovo, Guru mengadakan tur ceramah Eropa yang mencakup negara-negara di sekeliling daerah perang. Dengan berbagi pesan kasih dan berkah Tuhan dengan orang-orang, Beliau membawa banyak kenyamanan bagi warga Eropa karena dengan tanpa lelah, Beliau telah mengadakan jadwal tur ceramah dengan penuh semangat. Ceramah terakhir Beliau diadakan di London, Inggris. Selama penutupan dari ceramah akhir Beliau, pada jam yang sama, perjanjian damai Kosovo ditandatangani, dengan demikian menandai awal perdamaian di Kosovo dan permulaan dari Retret Internasional 3 hari yang diadakan setelah tur Eropa Guru. Demikian juga, kali ini, pembicaraan perdamaian antara Israel dan Palestina dimulai saat pembukaan Retret Internasional kita di Thailand, di mana terdapat lebih dari 20.000 orang yang bermeditasi dan berdoa bagi perdamaian dunia. Apakah ini suatu kebetulan ataukah merupakan berkah Tuhan? Mendapatkan suatu kebetulan yang menguntungkan yang terjadi bukan hanya sekali, tetapi dua kali, tidaklah mungkin. Kejadian itu lebih menampakkan jawaban Tuhan atas doa-doa kita melalui bimbingan seorang Guru agung yang memiliki semangat perdamaian dan kasih tanpa syarat yang tanpa akhir. Jika sebuah kebetulan dianggap sebagai sebuah pertanda keberuntungan, maka dunia kita sungguh-sungguh beruntung karena mendapatkan berkah dari Guru kita terkasih! Guru berkata bahwa bahkan hanya satu hari perdamaian lebih baik daripada seribu tahun peperangan.