Satu Dunia dalam Kasih

Cinta Kasih dalam Dunia Peternakan

Oleh Grup Berita London, Inggris (Asal dalam bahasa Inggris)

"Cinta Kasih dalam Dunia Peternakan (Compassion in World Farming - CIWF)” didirikan pada tahun 1967 oleh peternak sapi Peter Robert sebagai tanggapan terhadap bertambahnya popularitas metode peternakan intensif pada tahun 1960. Peter dan istrinya, Anna, merasa terganggu oleh ketidakpedulian terhadap kesejahteraan hewan. Tanpa dukungan dari kelompok kesejahteraan hewan terkemuka lainnya, Peter sendiri mulai berkampanye untuk memperkenalkan perlakuan yang lebih manusiawi terhadap hewan ternak sebagai makhluk hidup.

Hampir 40 tahun kemudian, CIWF sekarang memiliki jangkauan internasional, dengan berbagai cabang di Irlandia, Prancis, Belanda, dan perwakilan di seluruh Eropa dan dunia. Di samping itu, CIWF memimpin Koalisi Eropa bagi Hewan Ternak (European Coalition for Farm Animals - ECFA) yang terdiri dari 30 kelompok kesejahteraan hewan di 25 negara yang berlainan. Dengan mengoordinasikan kampanye ECFA bersama 150 kelompok lain di seluruh dunia, aliansi tersebut menjadi sebuah kekuatan yang besar dan kompak.

Mereka senantiasa berjuang dalam misi mereka untuk “memperbaiki kesejahteraan hewan ternak di seluruh dunia”. CIWF menggunakan teknik dan strategi praktis untuk mencapai tujuan yang terhormat. Dengan bantuan jaringan serta dukungan yang kuat dari teman-temannya serta para selebriti, seperti aktris Joanna Lumley dari Inggris, mereka melakukan berbagai kegiatan, di antaranya: protes damai, melakukan lobi, membangkitkan kesadaran, menerbitkan laporan ilmiah, dan menguak penganiayaan terhadap hewan oleh tim rahasia dengan menghasilkan bukti yang kuat. Hasilnya, perubahan penting dalam Undang Undang Eropa telah dicapai. Di antara beberapa pencapaian penting adalah:

1997: Setelah kampanye CIWF selama 10 tahun, hewan mendapatkan pengakuan sah sebagai Makhluk Hidup di UE, menghasilkan aturan tambahan dalam Pakta Eropa tentang kesejahteraan hewan.

1999: Dalam undang undang Inggris diperkenalkan peraturan untuk melarang peternakan bulu hewan mulai 1 Januari 2003. Kandang kekang hewan betina (kerangkeng ternak hamil) dan merantai hewan menjadi ilegal. UE juga memutuskan untuk menghentikan kandang baterai pada 1 Januari 2012.

2001: UE memutuskan untuk melarang kandang kekang hewan betina (kerangkeng ternak hamil) mulai tanggal 1 Januari 2013.

Tugas CIWF berjalan terus dan berbagai kampanye sedang dilakukan saat ini. Salah satu di antaranya adalah kampanye “Pengurangan Makan Daging” yang diluncurkan pada tahun 2004 dalam sebuah acara di London dengan dukungan dari pemuka lingkungan Jonathan Porritt dan ahli kebijakan makanan Profesor Tim Lang. Sejumlah materi mendukung kampanye tersebut, termasuk laporan yang sangat tajam, “Manfaat Pengurangan Makan Daging bagi Dunia” yang merupakan dokumen yang sarat informasi dan berdasarkan fakta yang membahas masalah mendesak yang saling berkaitan tentang kelangsungan hidup, pengaruh lingkungan, kesehatan manusia, kesejahteraan hewan, dan ekonomi dunia. Kesimpulan memperingatkan kita bahwa jika dunia terus bergantung pada hewan sebagai sumber makanan, maka bersamaan dengan kecenderungan negara-negara berkembang menggunakan ‘Diet Barat’, maka kita akan menghadapi “sebuah malapetaka pada sumber daya Bumi, dengan konsekuensi berbagai ancaman kesehatan manusia dan kelaparan, kekurangan lingkungan yang alami dan hewan.”

Sebuah kampanye lain yang bertema “Hubungan Hewan dengan Saya” memerlukan koleksi 10 juta tanda tangan dari masyarakat. Setiap individu bisa memberikan tanda tangannya secara online dalam hitungan detik di  http://www.animalsmatter.org. Bersama CIWF, RSPCA - Royal Society for the Prevention of Cruelty to Animals (Masyarakat Pencegah Kekejaman terhadap Hewan), WSPA - World Society for the Protection of Animals (Perkumpulan Dunia Pelindung Hewan), HIS - Humane Society International (Perkumpulan Internasional Berperikemanusiaan), dan organisasi lainnya akan menggunakan tanda tangan ini untuk menunjukkan kepada para pemerintah dunia bahwa mereka dan khalayak ramai berketetapan hati untuk mendapatkan Deklarasi Universal bagi Kesejahteraan Hewan di Perserikatan Bangsa Bangsa.

Hasil pencapaian dari CIWF memberikan contoh yang baik tentang terangkatnya kesadaran planet kita dan kemajuan positif yang bisa kita perbuat dengan menyatukan usaha praktis dan kebijaksanaan rohani.

Situs yang berhubungan:
1. Situs Cinta Kasih dalam Dunia Peternakan (CIWF): http://www.ciwf.org.uk
2. Mengurangi Makan Daging: http://www.ciwf.org.uk/eatlessmeat
3. Laporan “Manfaat Dunia dari Pengurangan Makan Daging” (file pdf yang bisa di-download): http://www.ciwf.org.uk/eatlessmeat/html/report.html