Menciptakan Perkampungan Global yang Vegetarian dan Welas Asih
 
 
Korea

Kesadaran Umum terhadap Vegetarisme
Semakin Meningkat
dari Anak Muda hingga Orang Tua

Laporan Gabungan dari Grup Berita Korea
(Asal dalam bahasa Korea)

Seoul

 

Pada tanggal 14 Mei Tahun Emas 3 (2006), Center Seoul mengadakan perayaan di Myong-dong, mal perbelanjaan paling sibuk dan ramai di Seoul, untuk merayakan ulang tahun Guru dan menyebarkan pesannya mengenai ‘Cara Hidup Alternatif’.

Setelah doa hening sejenak untuk teman-teman binatang yang telah berkorban untuk umat manusia, beberapa lagu singkat dibawakan oleh inisiat muda kita untuk perayaan ulang tahun ini.

Demi mengikuti teladan Guru dalam sifat berbagi dan peduli, banyak makanan vegetarian yang disiapkan dan disajikan secara gratis kepada sekitar 1.500 orang. Makanan yang diterima setiap orang bukan hanya makanan kecil, tetapi juga cukup untuk sajian makan siang dengan daging kedelai yang lezat.

Itu merupakan pemberian yang gratis, dan tanggapannya juga luar biasa. Dalam 2 jam, sekitar 900 orang dengan sukarela menandatangani “Cintailah Kehidupan – Kampanye 10 Juta Tanda Tangan”. Mereka mengatakan bahwa daging kedelai jauh lebih baik daripada daging asli, dan itu sangat baik untuk mencegah penyakit serta mengingatkan kita akan nilai kehidupan. Salah seorang yang cukup terpelajar mengatakan ”Terlalu banyak energi yang diboroskan untuk memproduksi daging. Jika kita menjadi vegetarian, energinya bisa dihemat, jadi vegetarian itu sangat bagus.”

Orang–orang juga menunjukkan ketertarikannya kepada ajaran Guru, sementara mereka melihat lukisan, Majalah Berita, dan buku contoh yang dipajang.

Setelah semua makanan dibagikan, kami berjalan sepanjang sudut kota dengan plakat yang menjelaskan mengapa vegetarian itu bagus. Promosi mengenai ‘Cara Hidup Alternatif’ juga menerima tanggapan yang bagus dari masyarakat umum..

Pada tanggal 16 Mei, tiga puluh anak berumur 6 tahun dari TK Shindang 4-dong berkunjung ke Bufet Vegetarian SM di Center Seoul. Mereka belajar mengenai kacang kedelai dan mengunjungi restoran kami untuk mempelajari lebih lanjut mengenai daging kedelai.

Sekolah TK tersebut memberitahukan kami bahwa mereka akan berkunjung dalam waktu dekat. Karena rekan-rekan inisiat telah dilatih untuk mempromosikan diet vegetarian melalui berbagai proyek ‘Cara Hidup Alternatif’, maka dalam waktu yang sangat singkat, kostum binatang, plakat lucu, balon dll. yang cocok untuk anak kecil sudah berhasil disiapkan untuk menyambut tamu-tamu muda ini.

Sambil menikmati daging kedelai bersama teman-teman yang berkostum binatang yang lucu, anak-anak dapat belajar menyayangi binatang dan mengetahui rasa yang lezat dari daging kedelai. Bufet menyediakan berbagai makanan daging kedelai yang disukai anak-anak dengan harga yang sangat murah untuk mereka. Anak-anak menyenangi “makanan pengganti yang penuh kasih” ini dan terus memintanya.

Direktur TK tersebut, Shim Eun-Ju mengatakan, “Anak-anak biasanya menyukai makanan instan. Kami datang ke sini untuk mengajari mereka bahwa kacang kedelai bisa dibuat menjadi berbagai makanan yang mempunyai rasa seperti daging. Mereka semua sangat menyukainya. Terima kasih banyak.”

Pada tanggal 18 Mei, Center Seoul mendirikan stan di Festival Universitas Yonsei dan aktif mengiklankan manfaat dari vegetarisme kepada mahasiswa, pelajar, dan tamu yang mengunjungi festival tersebut. Yonsei adalah sebuah universitas terkemuka di Korea dan terletak di lokasi yang bagus. Festivalnya juga menarik banyak pengunjung. Sekitar 15 saudara-saudari sepelatihan bergabung dalam festival ini. Brosur ‘Cara Hidup Alternatif’ serta contoh makanan vegetarian dibagikan secara cuma-cuma. Berkat pengaturan Guru yang luar biasa, kami mendapat lokasi terbaik untuk stan kami, persis di dekat pintu masuk universitas. Setiap orang dapat melihat pesan Guru dengan jelas dan menerimanya seketika.

Karena kebanyakan orang yang hadir adalah anak muda, maka pikiran mereka lebih terbuka dan mempunyai prasangka yang lebih sedikit sehingga mereka dapat menerima pesan ini dengan baik. Para inisiat juga merasa sangat bahagia dengan tanggapan yang bagus ini. Sekitar 1.500 orang mencoba makanan vegetarian, dan sekitar 950 orang turut menandatangani kampanye “Cintailah Kehidupan – Kampanye 10 Juta Tanda Tangan.”

Para pelajar akan menjadi pemimpin masa depan bagi masyarakat kita, dan kami merasa bahagia melihat mereka terbuka dan dapat menerima gaya hidup baru ini. Ini menunjukkan bahwa dunia ini sedang melangkah ke masa depan yang lebih cemerlang.

Gwangju
Tanggal 22 April merupakan Hari Bumi ke-37. Setiap tahun di Kota Gwangju, sekitar 30 organisasi berkumpul bersama di depan kantor pemerintah provinsi untuk merayakan hari itu. Kali ini, Center Gwangju turut berpartisipasi pada acara itu dengan tema “Vegetarisme dan Lingkungan”.

Akan tetapi, pada pagi hari acara tersebut, cuaca mulai hujan dan segalanya dibatalkan. Meskipun begitu, rekan-rekan sepelatihan tetap berharap dapat melaksanakan kegiatan yang sudah direncanakan karena makanan yang telah disiapkan tidak dapat disimpan lagi. Maka, mereka pindah ke pusat kota dan mulai pada siang hari ketika hujan mulai reda. Setelah menerima brosur dan burger vegetarian, orang-orang pun memberikan tanggapan yang bagus. Mereka juga memberikan dukungan kepada vegetarisme. Dengan berkah Guru dan pertolongan dari inisiat Daejeon, semua pekerjaan dapat berjalan dengan mulus.

Meskipun turun hujan di Hari Bumi, banyak orang tetap ingin merayakannya. Jadi, pada tanggal 30 April, dengan cuaca yang lebih baik, sekitar 30 organisasi mengadakan pameran mengenai lingkungan di Jalan Geumnam-ro yang merupakan jalan protokol. Para saudara dan saudari mengisi stan dengan perlengkapan vegetarian dan menawarkan berbagai kegiatan. Mereka mengenakan kaus dengan cetakan ‘Cara Hidup Alternatif’ dan mengadakan pertunjukan ”Dansa Kompas”, sebuah dansa yang sedang populer di Korea.

Yang menyenangkan adalah Wali Kota Gwangju datang ke stan kami dan turut menandatangani “Cintailah Kehidupan – Kampanye 10 Juta Tanda Tangan”. Beliau ikut berpose dengan tangan memegang plakat yang berbunyi, “Ibu! Besarkan aku sebagai seorang vegetarian.” Dia memuji kami karena melakukan pekerjaan yang bagus ini untuk menolong dunia ini menjadi tempat yang lebih baik.

Wali Kota Gwangju memberikan tanda tangan dan berfoto bersama kami.

Melalui acara ini, banyak orang memperoleh informasi berharga mengenai lingkungan Bumi, dan juga mengenai vegetarisme. Kami berharap semoga kesadaran mereka lebih terbangunkan untuk lebih menghormati seluruh kehidupan.

Pada tanggal 14, Center Gwanju  bersama dengan organisasi yang sebelumnya berpartisipasi di acara Hari Bumi pada tanggal 22 April, mengadakan kampanye ‘Cara Hidup Alternatif’ di sebuah taman kecil yang bernama Ssamji.

Pada acara tersebut, orang-orang tidak hanya dapat menikmati pertunjukan budaya dan mencicipi makanan vegetarian, tetapi juga diberikan informasi mengenai vegetarisme dan kesempatan untuk memberikan dukungan terhadap praktik cinta kasih yang mulia ini. Pesan ini diterima dengan sangat baik.


Busan

Pada tanggal 30 April, rekan inisiat dari Center Seoul dan Young Dong  bergabung dengan kami untuk mempromosikan sebuah acara di Stasiun Kereta Api Busan.

Stasiun kereta api ini adalah pemberhentian terakhir Kereta Api Ekspres dari Seoul. Stasiun ini selalu ramai dan banyak acara serta kegiatan sosial yang diselenggarakan di sana. Inisiat kami membentuk dua kelompok. Satu kelompok membagikan selebaran dengan mengenakan karakter binatang lucu atau mendekorasi diri mereka dengan topi buah-buahan dan sayuran cantik. Meskipun orang-orang sibuk dengan jadwal perjalanan, mereka dengan gembira menerima brosur dari para inisiat yang berbaju cerah dan penuh senyum. Kelompok yang lain memasang stan untuk acara mencicipi makanan vegetarian. Semua orang merasa senang dan takjub karena makanan lezat tersebut bukan dibuat dari daging, melainkan dari kedelai. Mereka juga sangat terkesan dengan fakta bahwa asosiasi kita tidak mengambil keuntungan, tetapi hanya berusaha untuk melindungi lingkungan dan kehidupan dari teman satwa kita. Karena itu, pengunjung yang mengerti hal ini mau menandatangani namanya untuk “Cintai Kehidupan – Kampanye 10 Juta Tanda Tangan".

 

Sesaat setelah kami memulai kegiatan, ada kelompok lain yang sangat menarik perhatian. Mereka memainkan musik dan menari dengan loncatan kaki. Mereka mendukung tim sepak bola Korea untuk memenangi Piala Dunia. Para penari mendorong orang-orang untuk ikut menari dengan mereka, jadi rekan inisiat kami dengan kostumnya yang menyala mulai bergabung dengan mereka. Beberapa inisiat yang berkostum karakter binatang mengenakan spanduk yang dicetak dengan slogan ‘Cegah Flu Burung dan Penyakit Sapi Gila’, dan yang lain mengenakan kaus dengan tulisan ‘Cintailah Kehidupan, Jadilah Vegetarianl’ Maka, semakin banyak orang yang tertarik, tertarik dengan makanan vegetarian dan juga tarian yang diperagakan. Atas partisipasi kami, pemimpin kelompok tarian sangat berterima kasih kepada kami - “Kelompok Pencinta Vegetarian.

Pada saat yang bersamaan, dengan kebahagiaan besar, kami menyediakan dan membagikan kotak makan siang untuk para tunawisma.

 

  <<
Beritahu teman tentang artikel ini