Guru Berkata

 

 

 

Mengejar Laju Perkembangan Semesta

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai, Budapest, Retret Hongaria,
23 Februari 2005 (Asal dalam bahasa Inggris)

Kita harus membantu dunia supaya berkembang lebih tinggi dan semakin tinggi untuk bergabung dengan galaksi-galaksi lain yang telah maju, dan dengan berbuat demikian kita juga membantu meningkatkan diri kita sendiri.

Segalanya telah berubah: Dunia telah berubah, saya telah berubah, dan Anda telah berubah. Setiap orang harus berubah. Kita harus menyusul ketertinggalan kita. Saya tampak sama, tetapi saya tidaklah sama lagi. Segalanya telah berubah; konsep batin telah berubah dan cara hidup saya telah berubah maka Anda harus berubah. Ubah cara Anda berpikir, ubah cara Anda memperlakukan diri Anda sendiri, dan ubah cara Anda memperlakukan meditasi. Anda harus menjadikannya hal yang paling penting dalam hidup Anda!

Maka, jika Anda harus melakukan sesuatu, lakukan itu. Jika tidak, carilah tempat untuk bermeditasi; di mana saja bisa. Sekalipun Anda harus duduk di atas salju dengan  mengenakan mantel, maka lakukanlah. Duduk saja di sana dan bermeditasi. Anda tidak akan menjadi yang pertama, tetapi Anda lebih beruntung. Ada seorang Guru di Cina, yang, sebelum ia menjadi seorang Guru, berlutut di atas salju selama tiga hari untuk memohon inisiasi. Setelah tiga hari berlutut di atas salju yang tebal, Gurunya tetap berkata, “Tidak.” Maka, untuk menunjukkan ketulusannya, dia memotong lengannya, membawa lengan itu, dan memberikannya kepada Guru tersebut. Maka, Gurunya tersentuh dan menginisiasinya, dan dia menjadi salah satu dari enam Sesepuh Cina (Hui Ke, Sesepuh Kedua Buddhisme Zen).

Saya tidak meminta Anda untuk memenggal lengan Anda, ya. (Gelak tawa) Tetapi, Anda sudah sangat beruntung; itu maksud saya. Sekalipun Anda harus duduk bermeditasi di atas salju, maka lakukanlah. Lakukan itu! Bahkan jika Anda duduk di sana dan pikiran Anda berpencar ke segala arah, Tuhan tetap tahu bahwa Anda berbakti dan Anda mendapatkan poin Anda. Karena kita hanya bisa mengusahakan yang terbaik; bukan salah kita jika pikiran kita penuh dengan banyak hal bodoh, duniawi, dan tidak penting. Kehidupan ini mengepung kita di segala penjuru, setiap saat, dan dalam keadaan apa pun. Maka, kapan pun Anda memiliki kesempatan untuk bermeditasi—baik itu di center, di atas bis, di taman, di tempat penitipan bayi, di mana saja—Anda harus bermeditasi. Khususnya pada saat ini, pada masa peralihan di mana planet Bumi sedang bergabung dengan seluruh galaksi yang lebih berkembang, segala sesuatu diberkati dan terbuka bagi mereka yang beriman.

Sekalipun Anda kelaparan dan kehausan, bermeditasi saja. Tentu saja, jika Anda punya makanan dan minuman, maka uruslah diri Anda. Tetapi, sekalipun Anda harus meninggal ketika bermeditasi, maka lakukan. Itulah satu-satunya hal yang akan tetap bersama Anda. Tidak apa-apa; jangan khawatir. Kita juga membantu dunia beralih ke milenium baru dengan baik. Anda telah mendengar bahwa pada tahun 2000 dunia diperkirakan akan “kiamat”. Itu benar, tetapi saya tidak ingin memberi tahu Anda. Tentu saja, juga karena saya ada di sini, maka hal itu tidak akan terjadi. Di London, saya memberitahukan bahwa hal itu tidak akan terjadi, dan memang itu tidak terjadi (silakan mengacu pada DVD#662, Hadapi Hidup dengan Berani, 9 Juni 1999). Tetapi, hal itu hampir terjadi! Maka, bencana-bencana dalam skala sangat besar terjadi di mana-mana. Anda sendiri mengetahuinya. Saya bahkan telah memberitahu Anda sebelumnya bahwa Anda harus melakukan meditasi dengan rajin, karena masa pembersihan sedang berlangsung.

Anda sendiri dapat melihatnya, saat Anda berubah. Saat Anda bermeditasi dan tingkat Anda menjadi semakin tinggi, Anda sendiri dapat merasakannya. Dan semua orang lain di sekitar dapat melihatnya. Anda lebih riang, makin terbuka, makin santai dan sederhana, dan sangat mudah bagi Anda untuk memahami dengan cepat. Orang yang tingkatnya lebih rendah itu lebih rumit, atau mereka selalu rumit dan mereka masih tetap rumit. Tetapi, saat Anda beralih dari Tingkat Kedua ke Tingkat Ketiga, keadaannya sama sekali berbeda. Perbedaannya sangat cepat dan sangat berbeda! Dan semakin tinggi tingkatannya, maka semakin jelas perbedaannya.

Sebelum Anda berdoa, pikirkanlah; pikirkan apakah doa Anda sungguh baik atau apakah doa itu hanya mementingkan diri sendiri. Doa memiliki pengaruh. Pastikan bahwa apa yang Anda inginkan sungguh-sungguh baik bagi semua orang karena segala sesuatu yang Anda doakan, saya yang harus melaksanakan—tidak ada yang lain. Maka, kadang kala, bila saya bermeditasi lebih banyak, hal itu lebih baik bagi Anda dan bagi dunia. Bukannya menjumpai Anda lebih baik bagi Anda. Tidak selalu begitu.

Kita selalu terhubung. Saya tidak pernah merasa bahwa saya jauh dari Anda, maka mengapa Anda merasa jauh dari saya? Tidak masalah apakah saya duduk di sini atau saya duduk di gua, saya tidak pernah merasa bahwa saya terpisah dari Anda. Mengapa Anda merasa terpisah dan merasa perlu menjumpai saya? Ada dua macam hal dalam hidup yang harus Anda bedakan: hal yang perlu dan hal yang Anda inginkan. Hal yang perlu itu baik; harus terjadi; Anda harus memilikinya. Hal yang Anda inginkan, bila Anda memilikinya, bagus; bila Anda tidak memilikinya, baik. Hal yang perlu itu baik; kita harus memilikinya, tetapi hal yang kita inginkan harus dipisahkan dari itu.

Sekalipun Anda ingin menjumpai saya hari ini atau besok atau tahun depan, berapa lama tubuh jasmani saya akan bertahan? Maka, saya ada di sini (Guru menunjuk mata kebijaksanaan-Nya); Saya ada di sini (Guru memberi gerak isyarat ke arah hati-Nya). Hal yang terbaik adalah Anda selalu bersama saya, dua puluh empat jam sehari. Itu artinya Anda bermeditasi, menjadi baik, memperlakukan sesama dengan baik dan mengingat Tuhan, itu saja. Itulah caranya kita bersama-sama—kita memandang ke arah yang sama. Ingat? Kasih bukannya saling berpandangan mata, tetapi memandang ke arah yang sama. Itu sangat benar. Maka, sepanjang kita melakukan hal yang sama dan kita memikirkan hal yang sama, maka kita selalu bersama-sama. Dan nantinya, kita semua akan selalu bersama-sama, selamanya. Kita harus membantu dunia supaya berkembang lebih maju dan semakin maju untuk bergabung dengan galaksi-galaksi lain yang telah maju, dan dengan berbuat demikian kita juga membantu meningkatkan diri kita.

Itulah yang terbaik. Itulah penyatuan yang terbaik dengan saya. Jika tidak, saat Anda datang ke sini, Anda duduk di sini tetapi kita terpisah seribu mil. Anda tidak satu dengan saya. Anda mengikuti pikiran Anda yang bodoh; Anda tidak mengikuti saya. Maka, sekalipun Anda duduk di sekitar saya, itu sia-sia. Barangkali lebih baik Anda pulang.

Anda harus menghemat waktu Anda. Apa pun yang tidak perlu, jangan lakukan. Dan apa pun yang harus Anda lakukan, lakukanlah itu dengan cepat! Satu detik adalah hidup Anda; setengah detik adalah hidup Anda. Bermeditasilah dengan baik dan bergabunglah dengan Para Suci di seluruh alam semesta. Anda tidak boleh tertinggal di belakang; mereka akan menertawakan Anda, khususnya karena Anda adalah murid-murid saya! Maka, menjadi seorang Buddha itu mudah. Anda hanya tinggal mendapatkan metode yang benar dan berlatih. Hal ini seperti ilmu pengetahuan. Anda hanya tinggal meneliti ke arah yang benar dan Anda menemukannya.

Bersikap Alami adalah Bersikap Jujur terhadap Diri Anda Sendiri

Jangan peduli akan penampilan, jangan peduli apa yang orang katakan tentang diri Anda dan jangan peduli bagaimana orang berpikir tentang Anda karena seluruh dunia adalah ilusi. Tidak masalah siapa di sana yang berpendapat mengenai apa dan siapa, dan oleh sebab itu penampilan kadang kala menipu orang dan kita tidak berusaha melakukan hal semacam itu. Maka, Anda harus memeriksa diri Anda sendiri apakah Anda tulus di sini. (Guru menempatkan tangan di hati-Nya.)  Dan jangan membuat penampilan luar seperti orang yang berbudi luhur karena itu memuakkan. Semua orang mengira Anda baik, tetapi Anda tidak demikian. Hal itu buruk bagi Anda! Tidak saja buruk bagi orang lain yang salah paham megenai Anda, tetapi juga sungguh buruk bagi Anda. Karena orang menyangka Anda seperti itu, dan lalu Anda mengira Anda baik-baik saja, dan Anda tetap seperti itu selamanya.

Jika Anda tidak memeriksa diri Anda sendiri, Anda tidak akan maju. Karena Anda mengira bila Anda hanya tersenyum, bersikap ramah, dan rajin di center, semua orang akan mengira Anda adalah Orang Suci dan Anda menggunakan itu untuk menutupi kelemahan batin Anda dan tingkatan Anda yang rendah. Tetapi, itu sungguh buruk bagi Anda karena itu berhasil; itu benar-benar berhasil! Maka, Anda terus tersenyum, dan bekerja, dan membantu. Kapan saja orang tahu Anda sedang bekerja, Anda bekerja sehingga orang mengira Anda sedang bekerja. Atau, Anda tersenyum dan bersikap menyenangkan, dan orang mengira Anda adalah Orang Suci. Maka, perbuatan itu berhasil untuk Anda, dan Anda terus menggunakan taktik itu.

Tetapi, semakin Anda menggunakan topeng luar ini, semakin sedikit Anda akan berhubungan dengan Diri Anda karena cara itu berhasil untuk Anda, maka mengapa tidak? Beberapa waktu kemudian, Anda juga mengira Anda baik-baik saja dan Anda tidak tahu bahwa Anda seharusnya lebih memperbaiki batin Anda: dengan tulus, sungguh-sungguh, dan tidak palsu. Penampilan benar-benar menipu banyak orang; Anda bahkan dapat menipu diri Anda sendiri. Maka, jangan lakukan itu. Saya tidak senang bila Anda datang ke sini dan bersujud sepuluh ribu kali. Saya menyuruh Anda untuk bermeditasi; Saya tidak pernah menyuruh Anda untuk bersujud pada saya. Itu mengganggu saya.

Apa pun yang Anda lakukan, pastikan Anda menghadapi diri Anda sendiri, bukan saya dan bukan orang di samping Anda. Hadapi diri sendiri: “Apa yang sedang saya lakukan? Benarkah saya? Sungguh jujur dan tuluskah saya dengan diri sendiri? Apakah saya bertambah baik?” Hadapi diri Anda sendiri, bukan saya; Saya tidak peduli. Sekalipun saya memaki Anda dan mengatakan, “Jangan lakukan itu!” Saya tidak peduli karena itu bukan urusan saya, tetapi hidup Anda adalah kehidupan Anda, oleh sebab itu buat hidup Anda menjadi indah. Jangan pergi ke mana-mana dengan hanya membawa sampah saja dan mengganggu semua orang demi kepentingan diri Anda sendiri. Mencari perhatian di center itu seburuk mencari perhatian di luar; itu semua keinginan akan ketenaran dan keuntungan.

Maka, perhatikanlah: Jangan hanya tetap di sana selamanya, bergantung pada semua topeng ini untuk bertahan hidup dalam masyarakat ini. Tubuh ini bukan apa-apa; tubuh apa pun bukan apa-apa. Kita hanya menempatinya sementara waktu supaya kita dapat memenuhi tujuan kita. Jangan membuat penampilan menjadi penting. Tidak ada yang peduli. Bersikaplah jujur, tulus, dan tanpa kepalsuan. Bersikaplah alami; saya menyukai itu!

Semakin Anda Melayani, Semakin Anda Berkembang

Masalah pada sebagian dari Anda yaitu Anda datang ke sini dan hanya memikirkan diri Anda sendiri. Bahkan Anda tidak peduli dengan orang di samping Anda atau apa yang dia inginkan. Anda tidak memikirkan siapa pun; hal itu adalah baik, tetapi itu egois. Maka, itu tergantung: Bila Anda datang ke sini untuk berkonsentrasi pada meditasi dan pada Tuhan saja, itu baik. Tetapi, bila Anda hanya berusaha untuk mengambil segalanya bagi diri Anda sendiri—perhatian dari Guru, tempat rekan praktisi—untuk mendapatkan apa yang disebut yang terbaik dan semua itu, itu tidak baik.

Ada perbedaan antara bersikap egosentris dan egois. Bersikap egosentris artinya Anda terpusat dalam diri Anda sendiri dan Anda bermeditasi; itu baik. Dan Anda tidak peduli tentang apa yang terjadi, atau gosip, atau hal-hal yang tidak ada urusannya dengan Anda; itu benar. Tetapi, bila Anda egois, Anda ingin mengambil segalanya bagi diri Anda sendiri, maka itu sangat buruk buat Anda. Bahkan saat Anda datang ke sini, Anda tidak akan mendapatkan apa pun. Anda mungkin kehilangan sebagian poin karena keegoisan selalu membuat Anda kehilangan poin. Kapan pun Anda berkonsentrasi pada usaha untuk mendapatkan banyak hal bagi diri Anda sendiri, Anda kehilangan segalanya! Sebaliknya, bila Anda berusaha untuk melayani orang lain dengan kasih dan devosi tanpa syarat, Anda mendapat poin.

Itulah ironi alam semesta karena kapan pun Anda memberikan diri Anda bagi orang-orang lain biarpun hanya kepada seseorang, Anda berkembang. Energi atau aura Anda berkembang sedikitnya ke dalam daerah orang tersebut. Tetapi, setiap kali Anda memikirkan diri Anda sendiri dengan “saya membutuhkan ini” atau “saya menginginkan semua ini bagi diri saya sendiri”, maka Anda akan terjebak di dalamnya.

Semakin Anda melayani, semakin Anda berkembang. Anda menjadi semakin besar! Saya telah memberitahukan Anda hal ini selama dua puluh tahun, dan Anda bilang bahwa Anda mengerti: “Ya, itu baik, Guru. Anda berbicara demikian bagus.” Tetapi, bila Anda pun tidak memahami dan tidak melakukan apa yang saya katakan, itu sia-sia saja. Maksud saya bukan sebagian di antara Anda secara khusus, kita hanya berbicara secara umum, tetapi bagi mereka yang masih memiliki masalah keegoisan dan ego yang melekat ini, buang saja!

Semakin banyak Anda mengambil, semakin banyak Anda kehilangan. Ini adalah hukum alam semesta yang sangat paradoksal, tetapi seperti itulah. Maka, tingkatkanlah diri Anda, lakukan apa pun yang Anda pikir itu baik dan berusahalah dengan keras. Saya tahu dunia sangatlah kejam kepada Anda. Sering kali dunia memberi Anda masalah dan memberi Anda halangan. Bahkan anggota keluarga Anda, bahkan mereka yang Anda kasihi, mereka yang Anda kira memahami Anda dan yang terdekat dengan Anda, selalu membuat masalah. Saya memahami ini.

Itulah sebabnya saya menyampaikan hal-hal ini lagi dan lagi. Saya tidak marah kemudian membuang Anda karena saya tahu bahwa Anda tidak tahu; saya paham. Sangat sulit bagi Anda untuk bertahan hidup di dunia ini secara rohani karena segalanya berusaha untuk mencabut Anda darinya. Saat Anda ingin duduk, hal yang kemarin pun datang kembali. Bukannya seseorang mengganggu Anda kemarin dan kemudian itu selesai; itu kembali lagi kepada Anda. Dan itu berlangsung berhari-hari. Kadang kala hati terasa sakit selama berminggu-minggu, kadang kala berbulan-bulan, kadang kala bertahun-tahun.

Maka, tidaklah seperti seseorang menyakiti hati Anda kemarin atau minggu yang lalu, dan kemudian Anda menderita satu minggu atau satu hari dan itu cukup! Tidak, itu selalu kembali lagi kepada Anda, menikam hati Anda, dan Anda berusaha keras untuk berkonsentrasi di sini (Guru menunjuk pada mata kebijaksanaan), untuk memikirkan Tuhan dan berpikir secara positif, tetapi sangat sulit. Saya tahu itu. Maka, berusahalah saja. Apa pun juga itu, usaha Anda telah berbuah karena seluruh Surga tahu.

Hanya Perkembangan Rohani yang Dapat Membawa Keselarasan Alam Semesta

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda dapat menanyai saya. Jika tidak, Anda dapat bermeditasi lagi. Itu tugas Anda, tetapi Anda melakukannya untuk membuat hidup Anda juga lebih baik, untuk membersihkan karma tetap yang harus Anda bayar pada masa kehidupan ini. Bila Anda bermeditasi, karma tetap juga berkurang dan ini pun membantu dunia menjadi makin terangkat. Ini juga membantu alam semesta menjadi satu dan mengimbangkan banyak hal supaya satu planet tidak terlalu tinggi sementara planet yang lain terlalu rendah. Karena kemudian dapat timbul perang antar planet.

Perang antar planet telah terjadi sebelumnya. Planet-planet amat berbeda getarannya, berbicara secara rohani, sehingga mereka saling berperang. Maka, untuk memiliki kedamaian, kita perlu bermeditasi untuk membawa suasana ke dalam keadaan damai. Karena, walaupun dunia ini mungkin berada dalam kedamaian, bila planet lain tidak dalam keadaan damai, perang masih saja terjadi: bukan perang di atas planet, tetapi perang antar planet.

Dunia ini telah dihancurkan sebelumnya. Dunia ini telah mencapai tingkat keberhasilan ilmu pengetahuan yang sangat tinggi, tetapi kemudian karena orang-orang terlalu banyak tahu dan sisi rohani mereka tidak berkembang, mereka berperang dengan planet lain dan planet lain berperang dengan mereka sehingga banyak hal dihancurkan.

Kita dahulu lebih beradab. Kita sedang kembali ke sana sekarang; kita sedang kembali, tetapi bila kita tidak mengimbangkan pengetahuan kita dengan kebijaksanaan, dan bila kita tidak mengimbangkan pencapaian materi dengan keberhasilan rohani, kita tidak saja akan menghancurkan planet kita, tetapi juga planet lain. Banyak planet telah dihancurkan karena hal ini. Bila kita punya terlalu banyak pengetahuan intelektual, tetapi tanpa kebijaksanaan rohani, kita hanya saling berperang.

Sekarang planet ini berada pada abad kedua puluh satu, abad kedua puluh satu sejak waktu Yesus, tetapi planet ini sudah ada lebih lama sebelum itu, dan kita masih berperang! Dapatkah Anda bayangkan? Seperti orang biadab! Kita menyebut diri kita manusia, tetapi kita membunuh manusia lain tanpa penyesalan apa pun. Dan kita menyebut itu “peradaban”. Pada saat ini, kita masih saling membunuh seperti zaman manusia hidup dalam gua atau hutan. Kita menyebut orang-orang itu manusia gua, terbelakang, atau primitif, tetapi sedikitnya mereka tidak saling membunuh pada skala ini! Jadi, peradaban materi tidak memberikan kita kenyamanan atau kedamaian apa pun; hanya pencapaian rohanilah yang memberikannya. Anda sendiri dapat melihatnya.