Era Vegetarian


Ikan Vegetarian dan Keripik Kentang
Hadir di London

Oleh Grup Berita Inggris (Asal dalam bahasa Inggris)

Gaya hidup vegetarian telah populer selama ratusan tahun di Inggris, seiring dengan dibentuknya Perkumpulan Vegetarian di negara tersebut pada tahun 1847. Inggris saat ini menjadi rumah bagi empat juta lebih vegetarian dan kira-kira 5.000 penduduknya adalah orang yang berubah ke pola makan vegetarian. Selama berabad-abad, penduduk  Inggris dari berbagai gaya hidup telah menganut paham vegetarian; termasuk para politikus, penulis, musisi, dan artis terkenal seperti George Bernard Shaw, HG Wells, dan the Beatles. Selain itu, di sana juga terdapat lebih dari ratusan hotel dan wisma tamu vegetarian, lebih dari 500 restoran dan kafe vegetarian, serta toserba setempat yang telah menjual burger vegetarian, sosis, pastel, kue tar, kue kering, dan saos selada (mayonnaise) “tanpa telur”. Dahulu, semua makanan itu hanya tersedia di toko-toko khusus. Di samping itu, tahun-tahun belakangan ini pabrik makanan vegetarian telah memperbaiki label produk mereka dengan memberikan informasi yang jelas dan detail mengenai komposisi bahan dan nutrisi. Jadi, sebelumnya tidak pernah ada masa yang lebih mudah untuk menjadi vegetarian dan juga menikmati berbagai macam makanan vegetarian dari berbagai daerah di Inggris!

Salah satu restoran vegetarian di Inggris yang pantas menjadi perhatian, Peking Palace, dibuka pada tahun 2001 oleh rekan inisiat dari Aulac, David, dan Lin dari Center London. Tujuan mereka adalah mendirikan tempat makan Asia berkualitas tinggi yang akan melayani masyarakat umum dengan menyebarkan informasi mengenai Metode Quan Yin serta mempromosikan gaya hidup vegetarian.

Restoran tersebut membanggakan menu vegetarian yang paling beragam di antara restoran sejenisnya yang berada di London, dengan hidangan yang meliputi tulang iga panggang vegetarian, sup Tom Yam Thailand, domba vegetarian Mongolia, udang raja vegetarian yang panas dengan saus mentega serta irisan kering daging sapi vegetarian; itulah beberapa dari menunya. Pelanggannya termasuk para omnivora dan vegetarian. Banyak dari para pelanggannya tersebut terkejut saat mengetahui bahwa menu yang disajikan adalah vegetarian murni. Selain itu, beberapa orang pemakan daging benar-benar telah mengganti pola makannya setelah makan di restoran tersebut; sementara pelanggan yang lainnya mengatakan bahwa mereka dapat dengan mudah melakukannya. Para pelanggan vegetarian Peking Palace juga terkesan dengan keaslian dan kualitas dari masakan yang menjadikan tempat ini semakin populer dan menarik pelanggan lainnya yang berasal dari berbagai macam gaya hidup, kebudayaan, bangsa dan kelompok umur.

Karena keanekaragaman para langganan ini, staf masak di Peking Palace selalu tekun memperkenalkan hidangan baru yang menggairahkan. Mereka sering melakukan eksperimen di dapur dan meminta para inisiat setempat untuk mencicipi hasil percobaan mereka!

Baru-baru ini, satu jenis menu baru Peking Palace, ”Ikan vegetarian dan keripik kentang” (ikan goreng vegetarian dengan lapisan adonan dan kentang goreng), yang diilhami oleh sebuah artikel surat kabar Skotlandia mengenai sebuah toko ikan dan keripik kentang Inggris terkenal yang begitu enak. Pangeran William, salah satu anggota dari Keluarga Kerajaan Inggris, diketahui pernah makan di sana. Untuk menciptakan hidangan yang baru, koki restoran harus mencari sebuah resep yang enak untuk adonannya serta bereksperimen dengan ikan vegetarian tersebut. Hasilnya adalah sebuah kesuksesan yang besar. Banyak pelanggan yang memberikan komentar mengenai rasanya yang lezat. Hal ini menunjukkan bahwa melalui latihan Quan Yin, kita dapat mencapai tujuan apa pun yang kita cari, termasuk menciptakan suatu alternatif makanan vegetarian yang lezat dengan jenis menu tradisional dari Inggris.

Jika para pembaca ingin mencoba membuatnya sendiri, di bawah ini adalah resep Peking Palace untuk hidangan ikan tersebut.

Ikan

Bahan-bahan adonan:
  • 3 cangkir tepung pengembang
  • 1 cangkir tepung jagung
  • 6 cangkir air dingin berbuih
  • 1 sendok-makan minyak
  • 1 jumput bubuk kunyit

    Campur bahan-bahan di atas untuk membentuk adonan dan diamkan selama 10 menit sebelum dilumuri di atas ikan vegetarian. 
Bahan-bahan lain:
  • 2 irisan ikan vegetarian
  • 1 sendok teh ekstrak jamur
  • 1 jumput garam laut
  • 3 cangkir tepung terigu
Petunjuk:
  1. Hilangkan lapisan es beku pada irisan ikan vegetarian
  2. Taburi irisan ikan dengan garam dan ekstrak jamur
  3. Lapisi tipis-tipis irisan ikan dengan tepung terigu
  4. Celupkan sepenuhnya irisan ikan ke dalam campuran adonan
  5. Goreng dalam minyak yang banyak hingga berwarna coklat keemasan (kira-kira 7-8 menit)


Keripik Kentang

Bahan-bahan: 3 buah kentang ukuran sedang
Petunjuk: Potong kentang dalam potongan tebal sedangkan kulitnya biarkan utuh dan goreng dalam minyak yang banyak hingga berwarna coklat keemasan (kira-kira 10-12 menit).



Ikan Vegetarian dan Keripik Kentang




Selamat
Menikmati!




Para Pahlawan Vegetarian dari Layar Perak
Bintang Film Linda Blair tentang Paham Vegetarian dan Welas Asih
Kunci untuk Mengurangi Pemanasan Global dan Penipisan Sumber Alam
Ikan Vegetarian dan Keripik Kentang Hadir di London
Para Ilmuwan dan Penemu Terkenal yang Bervegetarian
Kebangkitan Vegetarian di Himalaya