Tanya Jawab Pilihan

Biarkan

Segalanya

Mengalir

Secara

Alami


Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai, Retret Internasional 4-Hari, Sydney, Australia, 9 – 12 Mei 1997
(asal dalam bahasa Inggris) Kaset Video No. 582

T: Setelah inisiasi, apakah hukum karma berubah lebih cepat dari sebelumnya?

G: Tergantung pada apa yang Anda lakukan. Bergantung pada apakah Anda menginginkannya cepat berubah atau tidak. Bila Anda ingin cepat, maka akan menjadi cepat. Bila Anda ingin lambat, akan akan menjadi lambat.

T:Bila cepat, apakah ini berarti tanggung-jawab orang di dunia ini cepat selesai?

G: Jangan cepat-cepat. Lakukan saja sebagaimana Anda lakukan sekarang; itu baik. Dan bila Anda sungguh ingin cepat, segalanya akan terjadi. Yang saya maksudkan adalah, kadang kala kita bergegas dan ingin melakukan banyak hal dengan cepat sehingga kita dapat pulang ke Rumah. Hal ini boleh saja; Rumah senantiasa ada di sana. Tidak perlu kuatir, tenang saja. Itu lebih baik. Bila terlalu cepat, Anda akan terlalu lelah. Anda tidak akan memiliki waktu dan tenaga untuk bertahan hidup dan bermeditasi. Maka biarkan saja demikian.

Tetapi sebagian orang ingin sangat cepat; mereka ingin cepat maju dan melunasi hutang karma mereka secepatnya. Maka, semuanya akan diaturkan bagi mereka bila mereka sungguh-sungguh menginginkan demikian. Tetapi saya sarankan Anda untuk tidak menginginkan terlalu banyak. Bermeditasilah, dan biarkan segalanya terjadi secara alami. Itu lebih baik. Jika tidak, seluruh neraka akan membebaskan diri, bila Anda menginginkannya cepat.

Kadang kala Anda bekerja bagi masyarakat atau bagi Guru, maka akan terjadi labih cepat dengan sendirinya. Tetapi Anda harus melakukannya dengan pengabdian dan pengorbanan tanpa pamrih, tanpa menginginkan imbalan. Bahkan ada keinginan untuk membersihkan hutang karma dengan cepat atau maju dengan cepat, juga merupakan sejenis dagang. Tetapi Anda dapat memintanya bila Anda menginginkan. Hanya masalah pikiran. Jiwa tetap melakukan apa yang harus dilakukan dan Guru tetap harus mengatur apa yang harus atur demi kebaikan kita.