T:Satu hal yang membuat saya membaca buku Anda dan menonton video Anda adalah kenyataan bahwa Anda selalu menekankan seseorang harus menemukan Guru didalam dan mereka tidak perlu menghindarkan diri dari mengejar karir dalam dunia ini dan menjalani kehidupannya.

Ini menarik perhatian saya karena saya mencoba menyeimbangkan jalur saya dalam bisnis juga dalam spiritual. Dapatkah Anda menjelaskan saya tentang hal itu, atau adakah pengarahan yang dapat Anda berikan kepada saya?

G:Itu sudah jelas. Atau, apakah Anda ingin menjadi biarawan, dan pergi ke Himalaya seorang diri?

T: Kadang-kadang itu kelihatan sangat menarik, saya harus mengakui itu.

G: Kita dapat melakukan semuanya. Kita tidak harus memilih satu jalan atau jalan yang lain. Sebagai contoh, Anda dapat menjadi sesukses yang Anda inginkan di dunia ini. Anda harus! Karena kita berada di sini, kita harus memainkan peran ini, dan kita harus memainkannya sesuai kemampuan terbaik kita. Tetapi kadang-kadang bermain terlalu panjang membuat lelah; kemudian Anda dapat pergi retret selama beberapa waktu. Pergi ke Himalaya, datang bergabung dalam retret kami di sini atau bergabung dengan beberapa retret lain di tempat lain untuk menyegarkan kembali jiwa Anda dan mengisi ulang tenaga Anda. Kita dapat melakukan semua yang kita inginkan, tidak hanya satu hal.

Tetapi sebagian orang ingin membuatnya sederhana. Mereka memilih satu cara hidup. Mereka mungkin meninggalkan dunia dan pergi ke Himalaya atau daerah Tibet dan kemudian mendedikasikan seluruh hidup mereka untuk mengenal Tuhan. Orang-orang ini juga sukses. Ini tergantung pada karma Anda dan pertalian Anda pada apa yang harus Anda lakukan. Sebelum kita turun ke dunia ini, kita memilih suatu jalur untuk dijalani. Tidak ada jalur yang lebih baik dari jalur yang lain; Saya ingin memberitahu Anda tentang hal itu. Mungkin Anda sudah ditakdirkan untuk menjadi seorang pimpinan usaha yang sukses, maka Anda harus terus menjalankan itu. Tetapi kita seharusnya tidak ekstrem dalam jalan tertentu. Saya menekankan jalan tengah kepada semua orang. Kita dapat melakukan ini, itu dan yang lain. Itu membuat kehidupan kita lebih berwarna-warni dan menarik.

 

T: Satu hal yang menjadi tantangan besar bagi saya adalah suatu ketika dalam perjalanan kehidupan saya, saya memutuskan untuk mencoba menerima tantangan untuk membuat bisnis saya menjadi manifestasi dari spiritual. Dan ini sangat, sangat menantang. Adakalanya saya merasa amat sulit, dan saya benar-benar merasakan ingin berpindah ke Himalaya dan berada jauh dari itu.

Tetapi pesan Anda, agar berhubungan dengan Guru secara eksternal dan internal untuk mendapatkan arahan, adalah apa yang saya rasa sangat membantu saya untuk mengarahkan manifestasi ini dalam cara yang benar dan juga untuk spiritual saya sendiri sehingga saya dapat menemukan ketenangan saya dan juga waktu saya.

G: Ya, Guru diluar hanya bertujuan untuk mengarahkan Anda untuk bertemu dengan Guru Anda sendiri, yang mana adalah Diri Anda sendiri. Dia hanya menunjukkan Anda caranya; Anda harus menjalaninya sendiri. Tetapi kadang-kadang Anda menemukan bahwa Guru diluar juga adalah Guru didalam. Dan ini menarik. Dan kadang-kadang Anda menemukan bahwa Guru diluar hanya seorang Guru diluar dan tidak bisa menjadi Guru didalam. Dan kadang-kadang Anda menemukan bahwa Guru didalam yang Anda jumpai, tidak bermanifestasi keluar.

Jadi, ada tiga kategori Guru. Satu hanya Guru diluar, mengajari Anda teori dan berbagai jenis doktrin religius. Itu juga sangat baik bagi Anda! Jenis yang lain adalah Guru masa lalu atau bahkan Guru masa sekarang, tetapi didalam. “Didalam” berarti pada tingkat kesadaran yang lebih tinggi. Dia tidak bermanifestasi pada tingkat fisik sehingga Anda tidak dapat melihat dia di dunia ini. Hanya selama Anda bermeditasi didalam, barulah Anda dapat berkomunikasi.

Itu nomor satu dan dua. Satu adalah diluar, sepenuhnya diluar. Dan yang kedua adalah didalam, contohnya, Yesus atau Buddha. Kadang-kadang ketika Anda meditasi, dalam meditasi khusyuk, Anda berhubungan dengan Guru masa lalu bahkan Guru masa kini tetapi dalam tingkat didalam saja. Anda tidak dapat bertemu mereka di jalan atau di tempat lain di dunia. Ini adalah Guru didalam.

Guru jenis yang lain adalah Dia yang dapat mengarahkan Anda pada tingkat kesadaran didalam, pada tingkat yang lebih tinggi, tetapi Anda dapat juga bertemu dengan Dia di dunia. Anda dapat menyentuh, berjabat tangan, berbicara dan sebagainya.

Jadi, ini adalah tiga jenis Guru. Mencari Guru yang dapat membimbing kita didalam dan diluar adalah lebih sulit dibanding mencari kedua jenis yang lain. Menemukan yang pertama adalah lebih mudah. Menemukan yang kedua adalah lebih sulit karena kita harus menaikkan tingkat kesadaran kita untuk bertemu dengan Guru tersebut. Dan mencari yang ketiga adalah lebih sulit dari yang lain.

Sering kali Guru diluar mengarahkan Anda untuk bertemu Guru didalam. Dan jika Dia adalah Guru diluar dan juga Guru didalam, maka Dia sudah menjadi sangat tercerahkan dan dapat mengakses semua tingkat didalam, selain daripada yang diluar. Itu sangat langka. Guru seperti ini sangat langka, seperti Yesus atau Buddha. Inilah yang sejati.


T: Jika Guru mengajari Anda bagaimana berkomunikasi dengan Guru didalam, kemudian ketika Anda jauh dari Guru itu secara fisik, dapatkah Anda bergabung dalam kelompok orang dari guru lain dan masih menjadi bagian dari persaudaraan yang sama karena mereka semua mengikuti Guru didalam?

G: Ini tergantung pada guru apa yang Anda temukan. Seandainya Anda menemukan guru fisik, yang hanya bisa mengajari Anda dari luar di dalam dunia fisik ini dan belum memiliki akses ke tingkat didalam karena dia sendiri belum mencapainya. Maka, tentu saja Anda dapat pergi ke guru yang lain dan bergabung karena Anda membutuhkan itu.

Tetapi andaikan Anda hanya menemukan Guru didalam, seandainya Anda bermeditasi dan menemukan Yesus berbicara dengan Anda didalam dan itu bukan ilusi; itu adalah Yesus sejati. Roh itu berbicara kepada Anda, tetapi Anda hanya dapat berkomunikasi dengan Dia ketika Anda dalam samadhi khusyuk, dalam kesadaran spiritual. Maka, tentu saja Anda dapat berkeliling dan bertemu beberapa orang dan bermeditasi dengan mereka.

Tetapi jika Anda sudah menemukan Guru yang bermanifestasi dalam tingkat fisik dan juga Guru dari tingkat kesadaran didalam, maka Anda tidak perlu khawatir tentang dimana Guru itu berada karena Guru itu akan ada dimana-mana. Sejak Anda terhubung dengan Guru itu, Dia akan menjaga Anda sepanjang waktu Tidak peduli dimana Anda berada – sekalipun jika Anda pergi ke tingkat didalam, tingkat diluar, neraka atau Surga – Anda tidak akan sendirian karena Guru itu berada dimana-mana (mahahadir). Guru itu tidak hanya badan fisik tetapi juga Guru didalam. Maka, Anda tidak perlu bercampur dengan ahli atau guru yang lain. Anda dapat; tentunya Anda dapat. Anda tidak akan kehilangan kontak dengan Guru itu sejak terhubung dengan Guru didalam dan diluar itu, yang satu adanya. Tetapi Anda tidak perlu mencampur.